Memulai Bisnis di Usia Muda

Berawal dari seorang anak petani, Disitu saya mulai berfikir untuk MEMULAI BISNIS DI USIA MUDA. Membangun bisnis saat usia masih muda? Hmm… Terdengar mudah memang.
Pada awal saya memulai bisnis  di usia muda dengan memulai BISNIS berjualan sparepart laptop, saya mengalami berbagai kendala dalam menjalankan sebuah bisnis yang kini telah saya tekuni terutama pada saat saya mulai memasarkan product. Karena pada saat itu saya masih termasuk dalam golongan orang awam atau bisa disebut dengan  bodoh, Namun begitu saya terus mencoba dan mencoba dengan mencari koneksi ke teman melalui akun media sosial facebook.


Dari sini hidup saya berawal, Setelah saya mengenal teman penjual laptop bekas melalui media sosial facebook yang bernama rusdy warga madura, saya dikenalkan dengan teman-teman seprofesi penjual laptop bekas maupun baru, Saya pun mulai bertanya kepada mereka bagaimana cara untuk memasarkan product yang saya miliki agar dapat laku dan mengalami perputaran.

Setelah berbincang-bincang dengan lama saya pun mulai mengerti bagaimana cara untuk memasarkan sebuah product yang saya miliki dengan cara berjualan lewat media sosial seperti facebook , twitter atau juga bisa lewat toko online, Namun setelah saya mengetahui bagaimana cara memasarkan sebuah product agar cepat mendapat perputaran , ada kendala lain yang saya alami.
Dimana ya saya bisa mendapat product atau tempat KULAKAN barang yang bagus ?? saya pernah hampir menyerah saat memulai bisnis ini , Namuns setelah saya searching di internet saya menemukan satu halaman situs website yang menjual berbagai macam barang dengan harga GROSIR situs yang bernama RALALI.com situs Ralali B2B Marketplace menyediakan barang yang saya butuhkan untuk mengisi product di bisnis saya , Dari situ saya mulai bersemangat untuk kembali mengelola bisni yang saya tekuni saat ini dengan berjualan laptop  dan sparepart laptop yang saya kulak dari situs RALALI.COM.


ALLHAMDULILAH  dari beberapa kendala yang saya alami, Telah berbuah manis dengan banyaknya orderan dari dalam daerah maupun keluar daerah  malah dari seluruh indonesia, Ya memang sulit awal saat memulai usaha di usia muda , namun dengan tekad yang kuat dan tekun kita pasti bisa untuk melewati apa yang menghambat kita.

Sekarang saya telah memiliki website Online Store sendiri berkat teman-teman yang telah banyak membantu saya pada saat saya mengalami drop atau putus asa pada saat awal memulai bisnis ini saya juga menerapkan beberapa prinsip yang diajarkan oleh teman-teman saya yang sudah sukses terlebih dahulu dari saya.

1. Prinsip 3M from Lena Thong

    Dalam berbisnis harus mempunya prinsip 3 M (Mau, Mampu, Money).
Kalau salah satu tidak ada bisa bermitra, Juga ada 3 faktor yaitu Kemauan, Kemampuan, dan Modal. Kemauan datangnya dari diri sendiri, yaitu passion. Keinginan menjalankan suatu bisnis dengan sejuta visi dan impian di belakangnya serta kecintaan kita terhadap sesuatu sehingga ingin serius menekuninya.

Kemampuan. Faktor kedua yang penting untuk dimiliki saat membangun suatu bisnis adalah kapasitas kita untuk menjalankannya. Ini terkait dengan kesiapan kita baik dari segi wawasan terhadap dunia bisnis, pengetahuan tentang bidang yang akan kita garap, serta kemampuan manajerial.

Terakhir adalah money, atau modal. Lalu bagaimana jika kita tidak memiliki salah satunya? Yup, solusinya adalah dengan bermitra!

2. Win Like The Champion
Tips sukses kedua dalam berbisnis di usia muda adalah mental “Win Like The Champion”
Apa artinya? Kita harus memiliki mental untuk menjadi seorang pemenang, bukan pecundang.
Tahukah Anda perbedaan winner dan champion?

Seorang pemenang (winner) bisa menjadi pemenang suatu waktu, tapi belum tentu dapat mengulang kembali kemenangan itu. Hanya seorang juara (champion) yang mampu meraih kemenangan, lagi dan lagi, berulang-ulang kali.
begitu juga dalam menjalankan sebuah bisnis, kita harus siap menghadapi pertandingan dan perjuangan tiada henti. Hal ini akan menambah rasa penghargaan kita terhadap bisnis yang kita jalani.

Ketika kita sudah berhasil meraih target atau sukses yang diimpikan, kita benar-benar memenangkannya seperti seorang juara yang berhasil melewati berbagai tahapan pertandingan. Bukan sekedar rasa bangga karena baru menghadapi satu rintangan kecil.

3. Jangan pelit untuk share ilmu
Tips sukses lainnya yang datang dari para pebisnis muda Indonesia yang berhasil dirangkum Billy Boen dalam bukunya, Top Words 2 adalah kemurahan hati untuk berbagi ilmu.

Dalam menjalankan sebuah bisnis, kita tidak bisa hanya mengandalkan kemampuan diri sendiri tanpa berbagi pelajaran dan pengalaman kepada orang lain. Dengan sering berbagi ilmu kepada rekan bisnis maupu junior, kita akan mendapatkan segudang manfaat. Antara lain adalah relasi yang semakin kuat dengan pelaku bisnis lain, eksistensi yang semakin meluas, serta ilmu yanh semakin bertambah karena sering kita ulang-ulang saat sharing.

4. Integrity, Passion and Fun
“Kurangnya passion seringkali menjadi hal yang membedakan antara kegagalan dan kesuksesan”

Selain integritas, factor penting lainnya yang harus dimiliki seorang pebisnis baru adalah passion dan fun. Bekerja dengan passion dapat membantu Anda segera bangkit saat menemukan masalah. Passion akan menjadi alasan kuat seseorang untuk tetaap melakukan apa yang ia cita-citakan sejak awal. Selain itu, dalam bisnis kita juga harus menjalankannya dengan senang. Meskipun harus bersikap professional dan serius dalam menggarap suatu usaha, jadikan bisnis Anda sebagai wahana yang menyenangkan.

7. Being, do and have. Fokus untuk memantaskan diri
Tips penting terakhir sebelum memulai suatu bisnis adalah memperhatikan 3 faktor yaitu “being, do, and have”. Dari ketiga hal tersebut, yang wajib pertama kali kita miliki bukanlah do dan have, melainkan being. Artinya adalah, sebelum kita memutuskan ingin mengerjakan dan memiliki sesuatu, pastikan kita sudah memantaskan diri kita dengan segenap pengetahuan dan keterampilan. Karena bisnis hanya akan berhasil di tangan orang-orang yang pantas memetik keberhasilan.

Mudahnya memulai usaha di usia muda dengan  berusaha dan tekun juga pantang menyerah dalam menghadapi suatu hal yang begitu sulit , dulu saya sempat akan menyerah namun berkat bantuan dan support beberapa teman saya mulai bangkit dan kini saya telah mendirikan sebuah toko yang bernama Market Laptop Malang.